Friday 29 August 2014

Potensi Gerabah di Kab. Langkat

Industri gerabah merupakan salah satu indutri yang sangat berpotensi di Indonesia tidak tanggung-tanggung konsumennya itu bukan hanya domestik namun mancanegara. Hal ini seharusnya menjadi peluang bagi pengusaha gerabah di kabupaten langkat. Di daerah Stabat tepatnya di Desa Tanjung Beringin terdapat sentra gerabah yang memiliki pasar samapai keluar daerah. Pasar gerabah dari desa ini kebanyakan di kirim ke daerah Aceh. Padahal banyak tawaran ekspor bagi para pengrajin namun mereka menolak dengan alasan takut tidak dapat memenuhi target permintaan pasar ekspor. permasalahan tenaga pengrajin juga masih minim karena para pengrajin harus mendatangkan tenaga kerja dari daerah Jawa Barat.
Warga sekitar belum banyak yang bisa melakukan pekerjaan yang membutuhkan ketelatenan seperti seperti ini. Untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar sentra tersebut perlu adanya perhatian pemerintah guna mengambil peluang pasar ekspor serta mempersiapkan diri untuk menghadapi AEC 2015 (ASEAN Economic Community) yang akan mulai diberlakukan pada Januari 2015.

No comments:

Post a Comment

Contoh : Makalah Studi Kelayakan Bisnis

KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena atas berkat dan rahmat-Nyalah kami bisa menyelesaikan proposal bis...